Ingat Janji mu !

hari ini saya masuk XII C2 dan terus terang, ..
kelas ini adalah peringkat 2 setelah kelas XII C2 di ” Kang Ash’s List of most chalengging class” alias daftar kelas paling butuh ekstra perhatian.

hari ini kelas pemantapan matematika sangat tak terorganisir (gurunya teu baleg sih ^^ ) 40% kelas kosong di 20 menit pertama dan hampir sepanjang waktu saya mengajar setengah berteriak pada mungkin hanya 7 orang saja yang memperhatikan. sisanya sibuk dengan aktivitasnya masing-masing dari ngobrol hingga tidur dan ber-sms ria tentunya.

for u guys khususnya yang mau UN, dan saya yakin berguna buat kita semua.

Saya tau sebuah rahasia yang sangat penting, rahasia yang menyangkut kepentingan mu.
sekarang saya akan sampaikan…

saya tahu apa yang terjadi pada bulan juni 2009 !
bukan karena saya ngimpleng atau pakai ilmu HI lainnya,.. tapi karena saya sudah pernah berada di juni 2009.

saat itu kalian juga ada disana !

waktu itu saya menyaksikan bahwa seluruh kelas C1 dan C2 tidak ada yang lulus dalam Ujian Nasional 2009 konsekuensinya kalian mengikuti ujian paket C dan hanya 20 orang saja yang lulus.

saya masih ingat dengan jelas wajah sedih dan aura kekecewaan kalian. masih terbayang bagaimana kecewanya orang tua kalian. saya juga melihat runtuhnya rencana dan cita-cita yang sudah kalian bangun.

Diantara semua itu, yang paling saya ingat adalah …………
Doa !
ya ! waktu itu kalian berdoa :

” ya allah, jika saja engkau berkenan untuk membalikkan waktu… maka saya, kami, akan berusaha dengan sungguh ! ”

” ya allah, kami tahu kami lalai, berikanlah satuuuuu kali saja kesempatan agar kami dapat memperbaiki diri. niscaya tiap waktu yang kami punya akan kami gunakan untuk berusaha semaksimal mungkin, kami akan belajar dengan serius, giat, cerdas, dan pantang menyerah !”

tiap kalian berdoa dengan begitu khusyu dan pengharapan

” ya allah, kami sadar kami telah melakukan kebodohan. kami tidak pernah memperhatikan guru saat ia menerangkan, buku hanya kami buka saat dikelas itu pun jika ada guru yang memintanya, latihan tidak pernah kami kerjakan, nasehat tidak kami gubris. kami tahu kami salah ya Allah, berikanlah kesempatan agar kami dapat memperbaiki diri. jika kengkau berikan maka kami akan memperhatikan guru, kami akan belajar dan berdiskusi, kami akan bertanya ya allah ! kami berjanji akan mengerjakan latihan yang diberikan, kami akan baca dan pelajari semua modul dan buku yang ada. kami akan dengarkan nasehat orang tua kami agar kami fokus belajar, kami akan lebih sopan pada orang tua dan guru kami ya Allah. kami berjanji ! ”

” ya allah berikanlah satu kali kesempatan, niscaya kami akan bersikap baik pada orang tua kami.. kami akan buktikan bahwa kami mampu. kami akan beri mereka kebahagiaan bukan kekecewaan seperti saat ini. perkenankanlah doa kami ya Alah !

waktu itu kalian beruntung, sangat sangat beruntung !
Allah mengabulkan doa kalian.

Allah mengembalikan waktu tepat pagi ini, 60 hari sebelum UNAS 2009 !
hanya saja Allah menghapus memori tentang kejadian juni 2009.. dan menyisakan hanya saya saja yang tau kejadian ini.

buktikan janji-janji dan ikrar kalian
karena ini adalah kesempatan terakhirmu.

semangat !


Leave a Reply

