ngritik diri sendiri

salah satu tanda kematangan mental adalah kemampuan mengevaluasi dan menerima kritik. Yuk kita lihat sekeliling kita,.. banyak lo yang bisa kita perbaiki.

liat deh dua gambar ini
100_3008100_3011

perhatikan betapa dekatnya tumpukan sampah dan tempat sampahnya..
padahal kita tahu :
‘buanglah sampah pada tempatnya’
‘bersih pangkal sehat’
‘kebersihan sebagian dari iman’
‘recycle-reuse-reduce’
‘global warming’

ah.. bullsh**t !
lha buang sampah yang bener aja belum bisa.
perhatikan SETIAP HARI setelah istirahat pagi pasti tumpukan kresek hitam bertebaran dimana-mana bagai bunga yang merekah dimusim semi. Sisa momogi dan richcheese turut meramaikan padang sampah dengan warna kuningnya yang cerah belum lagi styrofoam (yang kita tau bahaya) sisa mie rebus turut memeriahkan pemandangan.

ada hal menarik yang terjadi saat saya mengajar di 12C7 (2008), seorang siswi sedikit menjerit karena menemukan sekumpulan bilatung lucu muncul dari laci bawah meja. reaksinya ya normal : geuleuh dan jijik.
kenapa menarik ? karena menurut saya harusnya tidak perlu kaget toh bilatung itu sengaja dia pelihara. faktanya :
12C7 hanya dipakai pagi hari oleh 12C7 tidak ada kelas X atau XI
tempat duduk tidak berubah-ubah, siswi menempati tempat yang sama tiap hari
BERARTI itu sisa batagor tempat media kembang biak bilatung kan punya siswi tadi, SENGAJA ia taruh disitu. lho kok pake acting kaget ?

ini masalah
kita belum merasa memiliki sekolah ini, wajar jika nggak nyaman belajar
KITA YANG SALAH ?? ya iyalah.. masa ya iya dong !
kita : kenapa kita belum mampu buang sampah pada tempatnya
orang tua : orang tua ngapain aja sih sampe anaknya buang sampah sembarangan
guru : katanya kan digugu dan ditiru, berarti murid meniru guru yang buang sampah sembarangan atau membiarkan orang membuang sampah sembarangan
caraka sekolah : kenapa mau-maunya beresin sampah anak-anak yang kurang ajar, coba demo mogok nyapu dua hariiiii aja. pasti kelas penuh sampai lalu anak-anak mungkin nyadar
tempat sampah : kenapa tempat sampah nggak pake artificial intelegence, otomatis pindah tempat kalo ada yang buang sampah atau kaya R2d2 starwars bisa ngambilin sampah

semua yang salah kan ? !
ya iya lah.. soalnya nyari yang salah… ya dapet ya pihak yang disalahkan.
yuk kita ubah cara pandang, jadi yang bener yang kayak apa ?

yang benar ya sikap mulai dari diri, buang sampah ditempatnya, mengingatkan orang lain untuk melakukan hal yang sma, nggak gengsian ngambil sampah, bersihin kelas (piket dong !), ngosongin sampah dari kolong meja, dll

banyak deh hal-hal benar yang bisa kita lakukan, mulai dari diri sendiri. jangan sampai kayak tong sampah ini
100_30111
kenapa dengan tong ini ?
tong malang ini sudah tergeletak PADA POSISI YANG SAMA, ini foto hari ke-2. artinya selama 2 hari orang lalu lalang tidak satu orangpun yang tergerak untuk bikin tong ini tegak berdiri

tandanya kita perlu banyak memperbaiki diri, dan cepat !


2 thoughts on “ngritik diri sendiri

  1. Memang sulit menilai diri sendiri, mudah sekali menilai orang lain, tapi perlu solusi lho !! ‘Tuk itu yo..yo..yo !! kita gempur penyakit dalam diri kita sendiri !! Mulailah dari hal yang kecil, oleh diri sendiri, dan semenjak sekarang, jangan tunda waktu lagi !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s